Jenis Fuel Cell (bagian 1)

Sampai saat ini sudah dikenal 6 sel bahan bakar (Fuel Cell) yang dibedakan berdasarkan pada elektrolit yang digunakan dan kondisi operasi (suhu dan tekanan) sel. Keenam sel tersebut ialah Proton exchange membrane fuel cell (PEMFC), Alkali Fuel Cell (AFC), Molten Carbonat Fuel Cell (MCFC), Posphoric Acid Fuel Cell (PAFC), Solid Oxide Fuel Cell (SOFC) dan Direct Methanol-Ethanol Fuel Cell (DMFC/DEFC).

Diantara 6 jenis, fuel cell hidrogen membran elektrolit (PEMFC) dan sekaligus paling banyak mendapakan perhatian di seluruh Negara. Ini karena memiliki kelebihan dibandingkan mesin konvensional. Sel ini menggunakan elektrolit padat yang disebut (proton exchange membrane, PEM ) yang mudah dibuat, efesiensi tenaga hampir dua kali lipat dibandingkan dengan efisiensi mesin konvensional. Hasil reaksi elektrokimia hanya air (zero emission), bersifat modular, tidak ada masalah korosi, masa pakai mencapai 11.000 jam, tidak mengeluarkan bunyi dan dapat diaplikasikan untuk alat yang bergerak maupun alat alat yang tak mudah alih. Sel bahan hidrogen merupakan salah satu alat penghasil tenaga yang merubah energi elektrokimia secara langsung menjadi energi listrik. Hasil reaksi elektrokimia adalah air, berbeda dengan mesin konvensioanal menghasilkan gas buang yang beracun seperti (CO2, CO, SOx, NOx, VOM dan gas-gas lainya yang sangat membahayakan lingkungan). Disamping itu sel bahan bakar menghasilkan efisiensi tenaga yang tinggi dibandingkan dengan mesin konvensional karena tidak ada kerugian gesekan poros. Sel dapat dibuat untuk dapat digunakan sebagai sumber pembangkit listrik untuk peralatan kecil seperti PC sampai dengan alat-alat trasportasi dan sebagai pembangkit uap air.

Baca lanjutan bagian 6....


---------------------------------------------
Product Overview

The 10 W Convection fuel cell stack is a 4 cell stack that does not require external humidification or pressurization. Gold-plated current collectors ensure that this stack achieves maximum performance for precision experiments. The stack comes complete with instruction manual, I/R plot, shade for assisting the convection air flow and a six-month warranty. Possible sources of hydrogen for the 10 W convection fuel cell stack include electrolyzers (PEM- and alkaline technologies), gas bottles, metal hydride tanks and hydrogen from chemical reactions.
Details

Technical Specifications

Number of cells: 4
Area: 25 cm2
Power: 10W 2.6V, 14W 2.4V
Reactants: H2/air, reformate/air (airflow by convection)
Temperature ambient-65C
Pressure about 0-2 psi (hydrogen)
Humidification: self-humidified
Cooling: air (no cooling fans supplied)
Weight (approx.): about 3 pounds
Dimension (approx.): 4 cm x 8 cm x 8 cm
Type of fuel cell: PEM
Flow rate at max output About 0.12 liter per minute hydrogen
Start up time: Instantaneous, load following capability
Efficiency of stack: 50% at full power
Additional Information

Comments